Nama Latin Pisang Cavendish

Nama Latin dan Klasifikasi Ilmiah Pisang Cavendish.  Nama Latin Pisang Cavendish adalah Musa spp dari keluarga Musaceae, ordo Zingiberales da kelas liliopsida. Pisang cavendish adalah jenis pisang yang paling populer di Indonesia dan di dunia umumnya.  Di Indonesia, pisang Cavendish di kenal dengan sebutan pisang ambon putih.  Tidak di jual bebas di pasar tradisional, tapi banyak di di jumpai di supermarket dan toko-toko buah. Harganya relatif lebih mahal dari pisang ambon biasa.
Pisang cavendish tergolong dalam kelompok buah tropis dan tumbuh dengan baik di daerah beriklim tropis dan subtropis seperti Indonesia. Meskipun jenis pisang ini dapat tumbuh dengan baik di Indonesia, tapi  pisang ini bukan merupakan tumbuhan asli Indonesia.  Pisang cavendish berasal dari  dari Amerika, yang kemudian menyebar hingga sampai ke Indonesia.
Secara singkat, ciri marfologi pisang Cavendish antara lain mempunyai tinggi batang 2,5 – 3 m berwarna hijau kehitaman. Daunnya berwarna hijau tua. Panjang Tandan 60 – 100 cm dengan berat 15 – 30 kg.  Setiap tandan terdiri dari 8 – 13 sisiran dan setiap sisiran ada 12 – 22 buah.  Daging buah nya putih kekuningan, rasanya manis agak asam, dan lunak. Kulit buah agak tebal berwarna hijau kekuningan sampai kuning muda halus dan permkaan kulit sangat halus. Dengan bentuk buah yang sangat ‘pisang’ sekali, di tambah warnanya yang memikat, tidak salah kalau pisang cavendish ini kemudian menjadi idola dan ratu dari segala pisang.
Saat ini permintaan buah pisang cavendish sangat tinggi dan terus meningkat, sehingga untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, harus di impor dari negara produsen. Karena itu bagi mereka yang sangat suka bertani, budidata pisang cavendish menjadi peluang usaha yang prospeknya sangat bagus.

Klasifikasi Ilmiah Pisang Cavendish

Kingdom : Plantae
Super Divisi: Magnoliophyta
Divisi : Spermatophyta
Sub divisi : Angiospermae
Kelas : Liliopsida
Ordo: Zingiberales
Famili : Musaceae
Genus : Musa
Species : Musa acuminata
Varietas : Cavendish
Nama lain Pisang Cavendish:
  • Pisang Ambon putih